Wednesday, July 25, 2012

CERITA PUASA

Seperti biasa, puasa kok tiba2 cepet aja sudah masuk hari ke 5 ya? Padahal sepertinya baru kemarin saya harap2 cemas mudah2an tugas saya ke Medan pas belum masuk puasa soalnya suka males kalo harus inspek pas puasa2 gitu. Males harus sahur sendirian kaya orang ilang di tempat makan hotel, males harus repot nunggu buka pas harus test organoleptik, dan alhamdulillah ternyata saya berangkat tanggal 18 trus cuma 2 hari semalem pula. :)

Trus dapet apa setelah 5 hari puasa? Laper, haus sama ngantuk doang? atau sudah mulai ada tanda2 perbaikan diri? Buat saya, hal teberat yang harus saya tahan pas puasa adalah nahan emosi. Apalagi kalo di kantor ngadepin partner kerja di negeri seberang yang sering nyebelin, susahhh banget buat ga ngomel :( 

Sebenernya mungkin karena kami seringnya berkomunikasi via tulisan (baik email maupun skype) jadi suka sering salah persepsi gitu, padahal mungkin maksutnya baik, tapi karena pemilihan kata yang salah akhirnya malah jadi bikin emosi.

Itu kenapa pak bos bolak balik menyarankan agar kami lebih sering ngomong langsung daripada nulis, soalnya kadang intonasi juga mempengaruhi bukan?! Tapi masalahnya orang vietnam itu kan logatnya agak susah pas ngomong inggrisnya, takutnya tar jd malah ga ngerti maksutnya apa. Bukannya sok keminter inggris wong saya juga masih blekak blekuk (apa sih bahasanya?) ngomongnya. Tapi pengalaman pas kapan hari salah satu partner ke Indo dan kasi training ke kita, kok rasanya banyak kata2 yang missed. Misalnya ngomong "fruit" bilangnya "flui", lha kami semua baru ngeh dia ngomong apa setelah akhirnya dia nulis di kertas :D



Anyway, belum terlambat kan kalo saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ya? Semoga semuanya dilancarkan dalam menjalani ibadah di bulan istimewa ini dan mendapatkan berkah dari Allah, amin.
Alhamdulillah lagi, tahun ini kantor memajukan jam kerja masuk jam 8 pulang jam 5. Ga dikurangi sih tapi lumayan kasi waktu buat sayalah biar bisa buka puasa di rumah dan yang terpenting bisa shalat tarawih. 
Ngomong2 tentang tarawih, karena saya masih kos dan ini adalah kos ke 4 saya selama 9th terakhir di Surabaya, jadi saya sudah pernah mengalami yang namanya tarawih 8 rakaat, 10 rakaat maupun 23 rakaat. 

Yang bikin ga suka sreg sebenernya bukan masalah perbedaan ini sih, karena buat saya sama saja kok berapapun jumlah rakaat shalat tarawih yang saya lakukan *menurut saya ya?* Dulu waktu kecil sampe SMU di Malang, mesjid deket rumah selalu melaksanakan tarawih 23 rakaat plus semua bacaan ayat2 Al-Qur'an yang panjang2 itu. Jadi sehari harus dapet 1 juz dibagi 20 rakaat shalat tarawih minus witir dan nanti pas hari terakhir tarawih, 30 juz sudah khatam dibaca. *semacam olah raga ya, shalat dengan banyak rakaat dengan bacaan surat panjang2* :)
Sedangkan kalo di rumah orang tua, tarawihnya cuma 8 rakaat, trus ayat2nya pendek2 juz amma gitu, jadi kerasa enteng hehe...

Nah yang bikin saya kadang GA SUKA kalo pas sesi macem kultum gitu, kan ustadz-nya suka ganti2 tiap hari, trus menurut saya ga smua 'pembicara' nya 'bener'. Contohnya tahun kemarin, lagi enak2nya dengerin tauziah eh lha kok tiba2 mengarah ke ajakan terorisme :(
Setelah bertahan sebentar akhirnya saya walk out dari mesjid dan ga ikut shalat witir karena biasanya tauziah nya kan pas sebelum shalat witir.
Saya ga kapok sih shalat di mesjid sana karena ya itu tadi, ustadz nya ganti2 tiap hari. Jadi besoknya saya balik lagi shalat di sana, untungnya bukan beliau yang kemarin lagi pembicaranya :)

Bagaimana dengan tahun ini? kan saya berada di daerah baru juga. Beberapa hari masih 'aman' sampe tadi malem. Sang ustadz membahas tentang perbedaan penetapan awal puasa. Beliau yang ternyata salah satu anggota MUI Jatim dan salah satu tim yang mengamati hilal, langsung meng-klaim kalo yang puasa Sabtu itu mengikuti Rasululloh sementara yang mulai puasa Jum'at cuma berdasarkan itungan manusia (dan itu kadang tidak sama dengan itungan Allah) dengan bla bla alesan panjang lebar yang disampaikan dengan suara menggelegar dan ber-api2 sampe semua jama'ah pada diem semacam ketakutan gitu.

Saya juga mulai puasa Sabtu, tapi aduh pak ustadz... masa saya harus walk out lagi dari mesjid ini seperti tahun lalu gara2 sampeyan sih? :(

Jangankan sesama muslim, dengan yang lain agama saja saya PALING GA SUKA yang namanya menjelek2an pihak lain dan memancing perpecahan macem gitu (bukan karena suami saya non muslim ya?). Dari duluuuuuu saya kecil, alhamdulillah saya dididik untuk saling menghormati orang lain bukan berdasarkan agama meskipun kakek dan sudara2 saya banyak yang haji. Buat saya masalah keyakinan adalah urusan kita pribadi dengan Tuhan, termasuk keyakinan terhadap penentuan awal puasa ini. Toh semua pasti punya dasar kuat sendiri2 kan? Bagi saya pribadi, saya cuma mengenal 2 jenis manusia di dunia ini, yang baik dan tidak baik (mau bilang jahat kok kayanya keterlaluan banget) ga peduli apapun suku, agama, bangsa, jenis kelamin dll.

Jadi, selain menahan laper, haus, dan emosi, menahan nafsu buat tidak menjelek2an orang/ pihak lain yang mungkin tidak sependapat dengan kita tentang apapun, dan lebih menghargai lagi perbedaan dengan tanpa mengorbankan keyakinan kita tentunya ya, sepertinya jadi resolusi saya tahun ini...SEMANGAT!! :)

15 comments:

  1. tahun ini kantor memajukan jam kerja masuk jam 8 pulang jam 5 --> emang biasanya masuk jam brp toh?

    Kalo akika, selama puasa tetep masuk jam 8 tapi pulangnya jam 4, hhohohoho..

    Oia..met puasa juga yaa, smoga puasa kita bisa lebih baik lagi dan lagi.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga puasa aku masuknya jam 9 pulang jam 6 Des (tapi rata2 pulangnya jam stgh 7 hiks...)
      Selamat puasa juga ya..semoga kita sama2 mendapatkan berkah Ramadhan..amin

      Delete
  2. aku ttep aja masuk jm 8 pulang jm 4.. !! coba untuk semangat wlo lagi puasa.. :)
    semoga lancar aja deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengennya juga pulang jam 4 Dea, soalnya biarpun sudah maju sejam jd jam 5, tetep aja keburu2 buka nya sampe rumah..

      Semangat ya puasanya, semoga lancar juga!!

      Delete
    2. xixixi pas pulang dari kerja sebener nya males banget langsung ke dapur pengen nya tidurr tapi klo udah punya kewajiban kasian toh si aa nya ga ada yang ngasih makan hahaha :D

      Delete
    3. Ahh untungnya si Mas selama puasa ini malah sibuk-buk..dan pulangnya malem2 trs, jd otomatis makan malem dikntr dia...:)

      Delete
  3. Kamis malam kata si Abi, udah keliatan bulannya kok. That means, Jumat udah bisa berpuasa krn udah masup bulan baru (yaitu Ramadhan, bagi yg puasanya mulai Jumat). Eh ya kira2 gt deh, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Just like I've said Tyk, semua pasti punya dasar yang kuat sendiri2, ga mungkin ngawur dong..(ga ada yang puasa hari Kamis kan?!)

      Btw, Abi mu keren ya masuk dalam tim yang liat hilal juga hehe..

      Delete
    2. wakakaka, jangan salah ye. abi ngeliat posisi bulan, dari aplikasi yg ada di iPhone-nya dia :))

      Delete
  4. Surabaya blogger lagi!!
    Salam kenal yaaaa...
    Hadeuh, aku juga nih udah 5 hari puasa baru puasa 3 hari semoga aja dari 3 hari itu gak cm dapet lapar dan dahaga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dhira, jangan panggil blogger ahhh...maluuu
      Lha wong tulisan2 ga penting acak kadut gini, plus males2an pulak posting nya!

      Salam kenal juga *salaman*
      Semoga bukan cuma puasa makan minumnya yang lancar ya?!ibadah yang lain semoga dimudahkan dan dijauhkan dari rasa malas *ngomong sama diri sendiri*

      Delete
  5. selamat berpuasa yaaaa....
    moga2 lancar semuaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Ko...
      Makasih juga sudah bikin beberapa postingan yang isinya banyak makanan enak huhuhu.. *nelen ludah*

      Delete
  6. Aku lupa fit...belum ngucapin met puasa ya ke kamu.
    Met puasa ya...moga lancar2 aja ibadahnya,kalau bukber ajak2 dong...ngelunjak qiqiqiq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mar..
      Ayo2 buka puasa bareng :)

      Delete